Skip to main content

Air RO


Teknologi Penyaringan Air RO

Dalam industri air Reverse Osmosi (RO) sudah tidak asing lagi namanya.Kebanyakan industry farmasi yg menggunakan air jenis ini dalam memenuhi kebutuhan air bersih.Saat ini tidak hanya industri farmasi saja yg menggunakannya,bahkan air RO sangat di berlakukan oleh berbagai industri besar dalam pembuatan makanan dan minuman.Bahkan air RO telah digunakan dalam proyek pengembangan Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Air RO yang sangat diutamakan dlm berbagai bidang industri.Air Reverse Osmosis (RO) merupakan air yang diproduksi dari system penyaringan dengan menggunakan metode Reverse Osmosis. Sebenarnya bagaimanakah proses penyaringan Reverse Osmosi itu hingga didapatkan produk yang amat dipercaya oleh banyak industry ini ?
Reverse osmosis RO merupakan teknik penyaringan yang menyaring  molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi ( membrane semipermeabel ).Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni dlm hal ini adalah air bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion. 
Osmosis sendiri mempunyai arti adalah fenomena alam yang terdapat dalam sel makhluk hidup dimana molekul “solvent” (biasanya air) akan mengalir dari daerah Berkonsentrasi rendah ke daerah Berkonsentrasi tinggi melalui sebuah membran Semipermeabel.Membran semipermeabel ini adalah membran sel atau membran apa pun yang memiliki struktur yang mirip atau bagian dari membran sel. Gerakan dari “solvent” berlanjut sampai sebuah konsentrasi yang seimbang tercapai di kedua sisi membran.
Dalam proses Reverse Osmosi yang terjadi adalah pemaksaan sebuah solvent dari sebuah daerah konsentrasi “solute” tinggi melalui sebuah membran ke sebuah daerah “solute” rendah dengan menggunakan sebuah tekanan melebihi tekanan osmotik. Dalam istilah lebih mudah, reverse osmosis adalah mendorong sebuah solusi melalui filter yang menangkap “solute” dari satu sisi dan membiarkan pendapatan “solvent” murni dari sisi satunya, sehingga pada akhirnya zat akan mengalir secara terbalik dari proses osmosis melalui membrane penyaring.
Air RO direkomendasikan oleh :
  • Rumah sakit terkemuka untuk mesin Haemodialisa (cuci darah)
  • Industri farmasi sebagai pelarut obat
  • NASA, Badan Antariksa AS
  • Industri soft drink raksasa di seluruh dunia
  • Angkatan Laut AS, pada kapal selam dan kapal perang
Manfaat Air RO
  • Mengurangi kadar keasaman darah
  • Menjaga dan meningkatkan kesegaran tubuh
  • Mempercepat pengaruh daya larutan
  • Memperbaiki sirkulasi darah
  • Memperbaiki metabolisme
  • Mencegah pembiakan bakteri
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan
Air isi ulang system

Air RO dapat digunakan banyak di berbagai industry, karena TDS water RO dapat dibuat hingga “0” sehingga sangat sesuai digunakan pada suatu proses yang tidak membutuhkan adanya unsur mineral dalam air. Dimana diketahui, mineral yang terkandung dalam air dapat mempengaruhi proses yang diingini.
Seperti halnya air minum dalam kemasan yang banyak beredar di pasaran, umumnya mengandung TDS 100 atau kurang dan biasanya banyak mengandung mineral. Jika ini digunakan dalam proses produksi, sementara kehadiran mineral tsb tidak dibutuhkan, maka tentu kualtas produk akan mengalami perubahan dari apa yang diingini
KEUNTUNGAN DAN KEUNGGULAN MODUL RO
Modul RO mempunyai ciri-ciri yang sangat khusus sebagai model pengolah air yaitu:
  1. Kebutuhan Energi relatif hemat.
  2. Hemat Ruangan.
  3. Mudah dalam pengoperasian karena pengendalian operasi terpusat pada satu panel yang kecil dan sederhana.
  4. Kemudahan untuk menambah kapasitas.
  5. Produksi airnya dapat langsung diminum, tanpa dimasak dahulu.
  6. RO mudah dipindahkan ke lokasi lain (ada yang terpasang dalam unit mobil RO atau kontainer).

NB : Dengan tidak mengurangi rasa hormat ijinkan saya untuk menyalin Isi dari artikel yg saya dapatkan dari sang penyusun :                                                                                                                                                                                                                                           Fikril Huda Mustofa (G1F010038)
  Ega Utomo Riyandana(G1F010022)
                               Aldi Permadi (G1F010079)
Referensi:
Kurniawan, Wahyu Dhadang.2012.teknologi sediaan farmasi. Laboratorium farmasetika Unsoed. Purwokerto.
McCabe W.L., Smith J.C., and Harriot P, ?Operasi Teknik Kimia?, Edisi keempat, Jilid II, Erlangga, Jakarta, 1990, Hal : 394



Tentukan Pilihanmu
Air Reverse Osmosis (RO) atau Air isi Ulang 
Banyak yang masih bertanya khususnya mereka yang mencari air layak konsumsi.Pertanyaan berulang tersebut adalah tentang perbedaan air minum isi ulang dengan air dari mesin Reverse Osmosis (RO). Sebenarnya ada banyak sekali perbedaannya,sebab kalau sama, kenapa harus ada Air Isi Ulang RO? Perbedaan tersebut bisa dilihat dari unsur kimianya,proses penyaringan,hinggamanfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.  

Perbedaan Air Mineral dan Air Isi Ulang Reverse Osmosis
Pertama : Berbedaan tersebut bisa dilihat dari unsur kimiawinya. Air mineral memiliki banyak unsur seperti zat besi, kalium, magnesium, dan lainnya yang terkandung di dalamnya dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sedangkan untuk air isi ulang ro hanya berisi H2O artinya hanya ada unsur air saja dan tidak ada kandungan mineral di dalamnya seperti magnesium, kalium, dan lainnya karena mineral yang ada akan disaring dan dibuang.
Kedua : Bisa dilihat dari sisi penyaringannya. Untuk air mineral atau air minum dalam kemasan akan dilakukan proses filterisasi atau penyaringan yang standar sehingga jika ada 4 liter air yang akan disaring, hasilnya akan didapatkan 4 liter air mineral. Berbeda dengan air olahan dari system Reverse Osmosis atau viral dg air RO.Dimana air akan mengalami proses penyaringan dengan alat atau mesin RO bernama “Membran RO”. Sehingga jika ada 3 liter air yang disaring, hasilnya hanya 1 liter air RO dan 2 liter air limbah.
Itulah kenapa air RO jauh akan dihargai lebih mahal.

                                                            
                                                             Reverse Osmosis

Ketiga : untuk sisi manfaatnya sebenarnya air mineral juga memiliki sejuta manfaat yang baik untuk tubuh begitu juga dengan air isi ulang pada depot air minum RO yang dapat melawan penyakit serta menjadi nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Namun ada beberapa hal yang menjadi kelebihan air RO dibanding air mineral seperti;
  • Air yang dihasilkan oleh Reverse Osmosisatau RO mempunyai tingkat kejernihan yang sangat tinggi.
  • Mempunyai ukuran molekul yang lebih kecil, sehingga lebih mudah di serap oleh tubuh.
  • Kandungan dalam air yang murni menyebabkan air rasanya lebih ringan waktu diminum.
  • Kandungan zat padat terlarut yang rendah membantu ginjal dapat bekerja lebih ringan.
  • Air Reverse Osmosis mempunyai ketahanan lebih lama dibandingkan dengan air mineral biasa.
  • Air hasil pengolahan Reverse Osmosis memiliki kecenderungan untuk lebih lama dalam proses pertumbuhan lumut dibanding dengan air mineral jika kita taruh pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.
Jadi, dari berbagai sisi memang air Reverse Osmosis memiliki banyak keunggulan karena diproses menggunakan saringan atau filter yang lebih lembut dibandingkan dengan air mineral. Untuk itulah, harga air RO juga biasanya lebih mahal karena beberapa penjelasan di atas. Sebagai contoh, jika air mineral 1 galon dihargai Rp 5.000 maka untuk air RO bisa Rp 8.000,00 – Rp 10.000,00. Karena harganya lebih mahal, biasanya masyarakat lebih suka minum air mineral dari pada RO. Banyak yang mengangap bahwa air ro rasanya lebih pahit dibandingkan dengan dengan air mineral, hal itu disebabkan oleh terlalu murninya air yang kontak dengan lidah kita.
Lidah kita tidak biasa mencicipi air yang murni, sehingga akan terasa aneh atau sebagian orang akan mengangap hal itu adalah pahit. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, maka lidah cenderung akan terbiasa dan kecenderungan akan lebih menyukai air RO dibanding dengan air mineral.
Selain dari sisi harga, yang membuat masyarakat enggan mengonsumsi RO adalah karena ketidaktahuan tentang informasi dan kandungan air RO apalagi jika dilihat dari kasat mata, bentuk, warna dan rasa dari air RO dan air mineral sama. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis air RO agar masyarakat juga mulai menyadari pentingnya mengonsumsi air RO untuk kesehatan tubuh meraka.
Benar, sama halnya dengan air mineral pada beberapa tahun lalu dimana masyarakat menganggap air mineral sama dengan air yang mereka masak tiap hari. Jadi, rubahlah paradigma masyarakat tentang air Reverse Osmosis dengan membeberkan fakta tentang kebaikan dan manfaat air RO untuk tubuh sehingga mereka mulai menyadari dan pada akhirnya mau mengonsumsi air RO.


Note: 
Mohon ijin untuk penulis asal dari isi artikel ini saya dapatkan dan saya edit dari https://www.darulaitamalfaruq.or.id/

Untuk pemasangan membran RO,Video Reka-reka Tehnik & Video lain2 lainnya silahkan kunjungi chanel Youtube saya di bawah ini :
https://www.youtube.com/channel/UCHt02lPKqhtEvUcwBOr5oTA?view_as=subscriber

Comments